Langsung ke konten utama

Tugas 2 PEND. AGAMA ISLAM (MKDU4211)

1.      Jelaskan pengertian akhlak mulia dan akhlak tercela!
2.      Sebutkan dan jelaskan sendi-sendi akhlak mulia dan akhlak tercela menurut Imam al-Ghazali!
3.      Sebutkan sebagian akhlak terhadap Allah! Jelaskan dan tulis sebagian ayat al-Qur’an yang berkaitan dengannya!
4.      Mengapa kita harus berakhlak mulia kepada orang tua? Tulis ayat al-Qur’an yang berkaitan dengannya!
5.      Jelaskan pengertian tasamuh, taawun, dan musawah diserta ayat al-Qur’an!
6.      Bagaimana perwujudan akhlak terhadap alam?
JAWABAN :
1.      Akhlak mulia adalah akhlak yang sesuai dengan ketentuan-ketentuanan yang diajarkan Allah dan Rasul-Nya sedangkan akhlak tercela ialah yang tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan Allah dan rasul-Nya.

2.      Menurut Imam Al-Ghazali ada empat sendi atau akhlak batin yang baik yangmenjadi dasar bagi perbuatan-perbuatan baik dan ada empat sendi akhlak batin yangtercela yang menjadi dasar bagi perbuatan-perbuatan tercela.Sendi akhlak batin yang baik itu adalah sebagai berikut :
ü  Kekuatan ilmu yang berwujud hikmah, yaitu kebijaksanaan yang artinya adalahkeadaan jiwa yang bisa menentukan antara hal-hal yang benar dan hal-hal yangsalah.
ü  Kekuatan amarah yang wujudnya adalah berani, yaitu keadaan kekuatan amarahyang tunduk kepada akal pada waktu dinyatakan atau dikekang.
ü  Kekuatan nafsu syahwat (keinginan) yang wujudnya adalahiffah, yaitu keadaansyahwat yang terdidik oleh akal.
ü  Kekuatan keseimbangan diantara yang tiga di atas. Wujudnya adalah adil, yaknikekuatan jiwa yang menuntun amarah dan keinginan sesuai dengan apa yangdikehendaki oleh hikmah (kebaikan dan kebijaksanaan).
Sendi-sendi akhlak tercela menurut Imam Al Gazali:
ü  Keji, pintar busuk, bodoh, yaitu keadaan jiwa yang terlalu pintar atau tidak bisa menentukan yang benar di antara yangsalah karena kebodohanya;
ü  Berani tapi sembrono, penakut dan lemah, yaitu kekuatan amarah yang tidak bisa dikekang atau tidak pernah dilakukan, sekalipun sesuai dengan kehendak akal;
ü  Rakus dan statis, yaitu keadaan syahwat yang tidak terdidik oleh akal dan syariat agama, berarti ia bisa berlebihan atau sama sekali tidak berfungsi.
ü  Aniaya, yaitu kekuatan syahwat dan amarah yang tidak terbimbing oleh hikmah.

3.      Sebagian akhlak terhadap Allah :
a)    Menauhidkan artinya mengesakan bahwa Allah adalah pencipta; bahwa Allah yang wajib disembah oleh kita, bahwa Allah memiliki sifat sempurna dan jauh dari sifat kurang.
Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. 1.Katakanlah: "Dialah Allah, Yang Tunggal, 2. Allah Yang Kekal; 3. Dia tidak beranak, serta Dia tidak pula diperanakkan, 4.serta tiada satupun yang setara dengan Dia." (QS: Al Ikhlas/112: 1-4)
b)      Beribadah karena Allah pencipta maka kita harus beribadah kepada-Nya
“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya merka menyembah-Ku (QS. Adz-Dzaariyaat/51:56)
“Dan manusia sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan norang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa (QS. Al Baqoroh/2:21)
c)    Bersyukur adalah berterima kasih kepada Allah atas karunia dan nikmat yang sudah diberikan.
“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambahkan nikmat kepaamu, jika kamu mengingkari nikmat_ku maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim/14:7)
“Karena itu, ingatlah kalian kepada-Ku, niscaya Aku akan ingat kalian, dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kalian mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al Baqarah/2:152)
d)   Takwa adalah Melaksanakan semua perintahnya dan menjauhi segala larangan-Nya.
“Hai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan dari satu diri (Adam), dan daripadanya Allah menciptakan pasangannya (Hawa). Dan dari keduannya Allah mengebangbiakkan banyak laki-laki dan perempuan. Bertakwalah kepada Allah dimana kalian saling pinta meminta sesame kalian dengan menggunakan nama-Nya, lagi pula peliharalah hubungan kasih sayang antara kalian. Sesungguhnya Allah itu adalah pengawas kalian.” (QS. An-Nisa /4;4)
e)    Tawakal adalah sikap pasrah kepada Allah atas semua ketentuan-Nya sambil berusaha.
“Maka apabila kamu telah membulatkan tekad maka bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal.”(QS. Ali Imran : 159

4.      Kita harus berbakti kepada orang tua karena itu adalah perintah Allah SWT dan Rasulullah, Karena orang tua adalah mereka yang paling dekat dengan kita, sejak masih dalam kandungan hingga remaja dan dewasa merekalah yang paling dekat, orang tua yang selalu mencurahkan kasih sayangnya tanpa mengaharapkan pamrih apapun dari kita.
“Dan Kami perintahkan kepada manusia untuk berbuat baik kepada kedua orang tuamu ibu bapak, Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah dan semakin bertambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tua ibu bapakmu.” (QS. Luqman/31:14)
Tak hanya dalah ayat Al-Qur’an saja, bahasan tentang akhlak kepada orang tua pun tertulis dalam sebuah hadis, Abdullah bin Umar, Rasulullah berpesan, “Keridhaan Allah tergantung kepada keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung kepada kemurkaan orang tua . (HR.Tirmizi, dishahihkan Ibnu Hibban dan Hakim).

5.      Penjelasan :
ü  Tasamuh adalah menghormati keyakinan orang lain yang berbeda.“Tidak ada paksaan dalam agama, telah jelas mana yang baik dan yang mana yang buruk.” (QS. Al Baqarah/2:256). “Dan apabila Tuhanmu menghendaki niscaya semua manusia akan beriman kepada Allah, apakah engkau akan memaksa manusia sehinga mereka beriman.” (QS. Yunus/1:99)
ü  Taawun adalah tolong menolong dalam kebaikan untuk menggapai ridho Allah.“Dan tolong-menolonglah kamu dalam mengerjakan kebaikan dan takwa, dan janganlah tolong menolong dalam mengerjakan dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat besar siksa-Nya.” (QS. Al-Maaidah/5:2)
ü  Musawah adalah persamaan dalam hidup bermasyarakat maupun persamaan dalam hukum.“Wahai manusia sesungguhnya Aku telah menciptakan kalian dari jenis laki-laki dan perempuan kemudian Aku jadikan kalian bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar kalian saling mengenal, sesungguhnya semulia-mulianya kalian disisi Allah adalah yang paling bertakwa diantara kalian.” (QS Al-Hujurat/49:13)

6.      Perwujudan akhlak terhadap alam:
ü  Tidak mengekspoitasi sumber daya alam secara berlebihan yang berpotensi merusak tatanan siklus alamiah,
ü  Tidak membuang limbah secara sembarangan yang dapat merusak lingkungan alam,

ü  Secara lebih detail dan individual, agama misalnya melarang binatang atau di bawah pohon yang rindang (karena membuat tidak nyaman orang yang bernaung dibawahnya).

Link download the document is Here

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 PEND. KEWARGANEGARAAN (MKDU4111)

Tugas 3 Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas! 1.       Mengapa demokrasi banyak menjadi pilihan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara? 2.       Apa yang dimaksud HAM berdimensi ganda? 3.       Bagaimana pandangan teori relativitas kultural dalam melihat nilai-nilai HAM? 4.       Berikan contoh nilai-nilai HAM? Jawaban : 1.       Demokrasi penghargaan terhadap individu dan hak asasi manusia. Demokrasi merupakan sistem dan tatanan yang dipandang mampu menampung segala permasalahan dan aspirasi yang berkembang di dalam kehidupan masyarakat . Demokrasi adalah sebuah nilai yang memberikan kebebasan dan partisipasi masyarakat. Dengan demokrasi para warga negara dapat dilibatkan dalam proses pembuatan kebijakan. Setiap individu berhak menentukan segala hal yang dpata mempengaruhi kehidupannya, baik dalam personal maupun sosial. Demokrasi juga adalah cara yang efektif untuk mengontrol kekuasaan agar tidak menghasilkan penyalahgunaan wewenang.

Aturan Pengucapan Batchim

Hi Folks..!! Udah paham dan hafal dengan Hangeul pada pelajaran 1?? Udah tau cara nyusun hangeul dengan benar? kalau masih belum, lebih baik baca lagi tentang hangeul  disini  sebelum melangkah kepelajaran selanjutnya guys. Nah dalam bahasa korea ada aturan pengucapan atau pelafalan. dari semua huruf konsonan, ada 3 konsonan yang tidak dapat menjadi batchim yaitu ㄸ, ㅃ, ㅉ. bagaimana aturan pelafalan batchim? simak gambar dibawa ini. Lihat juga ini. Masih kurang jelass??? okey gak masalah guys, pada postingan pelajaran hangeul kemarin, kalian udah download modul hangeul di link yang udah aku siapkan kan? coba buka modul itu lagi, buka halaman 6 lihat bagian E. Aturan Pengucapan. Okay for the last, I will say thanks ..